Cara Merubah data BPJS Kesehatan Secara Online Untuk PNS

Saya sengaja ingin membahas "Cara merubah data BPJS kesehatan", serta menjawab pertanyaan "apakah Merubah data kepesertaan BPJS bisa dilakukan secara online?",  artikel ini dibuat karena banyaknya pertanyaan yang saya temukan terkait cara merubah data bpjs kesehatan secara online.

Harus kita ketahui, sebenarnya banyak hal yang bisa menyebabkan data kepesertaan BPJS kesehatan harus diubah, beberapa diantaranya bisa karena peserta ingin beralih dari bpjs perusahaan atau badan usaha ke bpjs mandiri dikarenakan sudah tidak lagi bekerja di perusahaan yang bersangkutan atau sudah pindah kerja, atau sebaliknya peserta ingin beralih dari mandiri ke perusahaan akibat status hubungan kerja, atau juga karena adanya kesalahan data bpjs atau bisa juga karena ingin mengganti faskes tk1.

Sebenarnya ada ketentuan perubahan data kepesertaan BPJS, beberapa perubahan data kepesertaan bahkan bisa menyebabkan pergantian kartu dan ada juga yang tidak menyebabkan pergantian kartu.


Untuk melakukan perubahan data bpjs kesehatan sebenarnya sangat mudah sekali dan syaratnyapun tidaklah sulit, apa yang harus anda lakukan adalah datang langsung ke kantor BPJS setempat dengan membawa syarat yang diperlukan tergantung dari perubahan yang anda inginkan. kemudian mengisi formulir perubahan data maka perubahan akanlangsung diproses oleh petugas bpjs setempat.

Apakah Bisa merubah data BPJS kesehatan secara Online?
Untuk saat ini memang administrasi yang terkait BPJS ada beberapa yang bisa dilakukan secara online, apalagi saat ini sudah tersedia situs resmi bpjs yang beralamat di Sini, di situs tersebut menyediakan fasilitas berupa informasi terkait bpjs dan juga fasilitas yang dapat digunakan untuk membantu urusan administratif secara online.

Beberapa urusan administratif yang bisa dilakukan secara online adalah sebagai berikut:
  1. Pendaftaran BPJS Kesehatan mandiri.
  2. Pendaftaran BPJS Kesehatan perusahaan atau badan usaha.
  3. Informasi Faskes tk1 berdasarkan provinsi, kabupaten dan lokasi tertentu.

Tapi Bagaimana dengan urusan perubahan data kepesertaan, apakah Kita bisa melakukan perubahan data secara online?, misalnya untuk merubah faskes, merubah data yang salah atau merubah kepesertaan dari mandiri ke perusahaan atau sebaliknya?

Sayangnya Untuk merubah data kepesertaan BPJS kesehatan secara Online untuk saat ini belum bisa dilakukan, mengingat ada hal-hal yang diperlukan krosscek secara manual, sehingga kurang efektif jika dilakukan secara online.

Lantas bagaimana cara merubah data Kepesertaan BPJS kesehatan? 
Beberapa perubahan data kepesertaan bisa menyebabkan kartu BPJS diganti, disini saya informasikan sekali lagi bahwa sampai saat ini perubahan data kepesertaan BPJS kesehatan belum bisa dilakukan secara online, oleh karena itu jika anda hendak merubah data kepesertaan BPJS anda, maka yang yang harus anda tempuh adalah datang langsung ke kantor BPJS setempat dengan membawa syarat-syarat yang diperlukan.




Apa saja Syarat perubahan data BPJS keseahatan ?
Syarat yang harus dibawa ketika melakukan perubahan data kepesertaan bpjs sangat tergantung sekali dengan jenis perubahan data yang anda inginkan.


Saya tidak akan merincinya satu persatu, untuk informasi lebih detail mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perubahan data kepesertaan anda bisa baca di beberapa artikel postingan yang telah saya buat sebelumnya, sebagai berikut:
  1. Syarat dan Prosedur Mengganti Faskes tingkat 1
  2. Syarat dan Prosedur Pindah dari BPJS perusahaan ke mandiri
  3. Syarat dan prosedur pindah dari BPJS mandiri ke perusahaan
  4. Pengurangan tanggungan karena meninggal dunia
Untuk dapat melakukan proses perubahan data hendaknya juga bapak/ibu membaca pedomannya agar tidak mengalami kendala dalam pengisian data BPJS nanti, Silahkan Lihat Disini
Itulah beberapa informasi penting mengenai  bagaimana cara Cara Merubah data BPJS Kesehatan Secara Online, dan kesimpulannya ternyata sampai saat ini perubahan data BPJS secara online belum bisa dilakukan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merubah data BPJS Kesehatan Secara Online Untuk PNS "

Post a Comment